Perkemahan Jumat Sabtu 2023

Pada hari Jumat, 8 Desember 2023, KOPRAMSEGA mengadakan PERJUMSA (Perkemahan Jumat Sabtu) yang diikuti siswa-siswi kelas 10 SMKN 6 SURAKARTA. Acara kemah PERJUMSA ini diawali dengan upacara pembukaan oleh Bapak Danang.

 

Selanjutnya siswa-siswi diarahkan ke aula untuk mendengarkan materi “Kedisiplinan” dari Kak Ardan. Kak Ardan menyampaikan bahwa kedisiplinan itu dimulai dari diri sendiri dan berakhir di diri sendiri juga. Siswa-siswi diberikan waktu untuk ISHOMA sebelum masuk ke acara api unggun. Api unggun dilaksanakan setelah sholat isya di lapangan depan.

Sebelum api unggun dinyalakan, dilaksanakan upacara terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan pengucapan dasa darma oleh siswa-siswi yang bertugas membawa api darma. Kegiatan api unggun juga dimeriahkan oleh tampilan dari para peserta kemah.

Oleh: Aina (X PM 1) dan Valentina (X MPLB 2)

 

 

PERJUMSA atau perkemahan Jum’at Sabtu adalah kegiatan kemah siswa kelas 10 angkatan 2023/2024 yang diselenggarakan oleh anggota KOPRAMSEGA SMKN 6 Surakarta.

Acara Perjumsa dibuka secara adat pada 8 Agustus 2023 dengan Upacara Pembukaan yang dihiasi oleh pembacaan janji adat Sambernyawa Dewi Sartika.

Para siswa kelas sepuluh SMK NEGERI 6 SURAKARTA dibagi menjadi beberapa kelompok tidur. Mempersiapkan tempat untuk tidur bersama – sama, membangun keharmonisan sebab berbaring untuk mengusir penat di alas tikar yang sama.

Puncak dan acara paling luar biasa adalah acara Api Unggun. Upacara Api Unggun yang sakral membuat suasana menjadi semakin meriah. Lewat sepuluh obor bakar yang mewakili setiap nomor dari Dasa Darma. Acara ini dimeriahkan oleh adanya pentas seni dari setiap kelompok tidur.

Setelah istirahat, di jam dua pagi. Para siswa dibangunkan dan melakukan Jurit Malam. Keseruan yang tercipta karena hanya memiliki satu lilin untuk menerangi jalan mencapai tujuan akhir, tak luput menyelimuti setiap kegaduhan yang terjadi pada kegiatan ini

Dilanjutkan senam pagi, lalu memasak makanan untuk sarapan. Disinilah kekeluargaan per kelompok tidur dibangun lebih lagi. Memasak untuk semua anggota, makan di tempat yang sederhana, tetapi penuh kebersamaan.

Serangkaian game yang seru seperti sedotan manyun dan ciprat tepung, membuat tawa dari para peserta perjumsa merekah. Rasa lelah dan pegal dibayar tuntas di hari Sabtu, 9 Desember 2024. Upacara penutupan perjumsa yang dipadukan dengan rasa lelah, menjadi akhir dari seluruh pengalaman luar biasa dari Perkemahan Pramuka Jumat dan Sabtu di SMKN 6 SURAKARTA.

 

Oleh: Sofianissa (X PM 1) dan Ganis (X PM 2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *